Dokumentasi Kegiatan Sinergi Riset Praktisi UMKM dengan Akademisi di Sekolah Vokasi UNDIP

Dikutip dari berita Sekolah Vokasi UNDIP, Program Studi S1 Terapan Manajemen & Administrasi Logistik, Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan menyelenggarakan acara “Diskusi Bersama Industri #Series1” pada 20 Oktober 2020 di Kawasan Simpang Lima Semarang. Kegiatan yang mengusung tema, “Pentingnya Information Technology Capability dan Organizational Learning dalam Organizational Performance bagi UKM di Kota Semarang”, merupakan bagian rangkaian dari Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (P3TV).

Acara yang dihadiri oleh kalangan Praktisi UMKM Kota Semarang dan Dosen Akademisi Universitas Diponegoro ini mengangkat dua hasil riset terapan berbasis industri yang dipaparkan oleh Dr. Drs. Mashudi, SE, MM dan Jatmika Prajayastanda, S.Pt, MBA. Keduanya merupakan Dosen S1 Terapan Manajemen &Administrasi Logistik Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro.

Penelitian pertama bertajuk “Pentingnya Information Technology Capability dan Organizational Learning dalam Organizational Performance bagi UKM di Kota Semarang” dipaparkan oleh Dr. Drs Mashudi, SE, MM sebagai pemakalah. Hasil penelitian kuantitatif tersebut menunjukkan bahwa Information Technology Capability berpengaruh signifikan terhadap Organizational Performance.

Jatmika Prajayastanda, S.Pt, MBA, sebagai pemakalah kedua, dengan mengusung judul “Formulasi Model Bisnis Platform Website Pernikahan Terintegrasi Wemarry”, memaparkan hasil penelitiannya yang menunjukkan bahwa bisnis event organizer pelayanan pernikahan sangat cocok menjadi solusi dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, mengingat bisnis pernikahan perlu inovasi dengan berbagai pembatasan pshycal distancing.

Kedua penelitian terapan ini mendapat tanggapan dan review positif dari Ketua KADIN Kota Semarang yang juga merupakan Direktur PT Nasindo Anugrah Sejati, Arnaz Agung Andrarasmara. Beliau menyatakan kedua riset terapan ini sangat penting, sebagai kolaborasi yang baik antara dunia pendidikan yang meneliti berbagai kajian dari segi keilmuan akademik dengan dunia industri dari sisi praktisnya. Hal ini penting utamanya mengingat pelaku UMKM dirasa perlu dalam menguatkan kompetensi, konsistensi, adaptasi,  inovasi, dan penguasaan teknologi.

Titik Djumiarti, S.Sos, M.Si, selaku Sekretaris Program Studi S1 Terapan Manajemen & Administrasi Logistik, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, berharap kegiatan ini mampu menguatkan riset-riset terapan, sehingga menciptakan link and match antara  dunia pendidikan dengan industri, serta saling memberikan kemanfaatan satu sama lain. Diskusi bersama industri melalui pemaparan hasil riset terapan ini dapat memberikan kontribusi, baik untuk pelaku UMKM maupun bagi akademisi dalam pengembangan riset terapan lanjutan.

 

 

Narahubung : Johan Bhimo Sukoco/085642317178